Banyak yang Mengincar, Posisi DK OJK Sangat Krusial

Minggu, 26 Februari 2017 - 19:37 WIB
Banyak yang Mengincar, Posisi DK OJK Sangat Krusial
Banyak yang Mengincar, Posisi DK OJK Sangat Krusial
A A A
JAKARTA - Keberadaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator industri keuangan dinilai sangat strategis. Ada ribuan perusahaan berada di bawah naungan OJK.

Kepala Riset MNC Securities Edwin Sebayang mengatakan, strategisnya posisi OJK membuat seleksi calon anggota Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan jadi sangat krusial. Banyak pihak dari politik mengincar jabatan tersebut.

"Pastinya tekanan politik tersebut ada karena banyak juga yang punya kepentingan tetapi sosok Ibu Sri Mulyani saya rasa cukup kuat menghadapi tekanan politik tersebut," ujarnya kepada SINDOnews di Jakarta, Minggu (26/2/2017).

Menurutnya, peran Sri Mulyani selaku Ketua Panitia Seleksi (Pansel) OJK juga cukup strategis. Namun, perannya beda dengan Parpol yakni melindungi seleksi calon anggota Dewan Komisioner OJK dari tekanan para politisi.

Bahkan, ada dua nama yang menjadi pegangan kuat dari ruang lingkup pemerintahan tidak lolos seleksi tahap II. Hasil tersebut mengindikasikan Sri Mulyani tidak bisa ditekan oleh kekuasaan. "Yang kemarin ramai itu kan ada dua nama dan ternyata tidak lolos seleksi kedua," kata Edwin.

Posisi Sri Mulyani yang tak kalah strategis ini dinilainya perlu untuk membuat OJK bebas dari kepentingan. Baik itu kepentingan golongan tertentu maupun banyaknya perusahaan yang berada di bawah regulasi OJK.

"Strategis lah pastinya terlihat dari ketua panitianya Ibu Sri Mulyani sendiri. OJK menaungi ribuan perusahaan di bawahnya," tandas Edwin.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7654 seconds (0.1#10.140)